Selasa, 09 Juni 2009

Pasar Dunia Butuh Banyak Nila

04 April 2007
Pasar Dunia Butuh Banyak Nila

Sebangsa ikan mujair yang paling diminati pasar dunia adalah ikan nila. Beragam produk nila dibutuhkan dalam bentuk utuh beku, fillet (lempengan daging ikan tanpa tulang) segar, dan fillet beku. 

Permintaan pasar dunia terhadap produk nila terus meningkat. Amerika Serikat saja, dalam empat tahun terakhir rata-rata mengimpor ratusan ribu ton. Padahal tahun-tahun sebelumnya baru puluhan ribu ton. Belum lagi permintaan yang dilayangkan sejumlah negara importir lainnya, seperti Jepang, Singapura, Hongkong, maupun Eropa, yang skalanya juga terbilang besar.

Ada sejumlah alasan mengapa nila sangat digemari pasar dunia. Warna dagingnya putih, kenyal, tebal seperti daging ikan kakap merah, dan bergizi tinggi. Rasanya pun tawar, sehingga mudah diolah untuk berbagai rasa masakan. Satu hal lagi, pasokan nila bisa diperoleh setiap saat tanpa dipengaruhi musim lantaran merupakan hasil budidaya.

Sampai sekarang, pemasok produk nila terbesar dunia adalah China. Disusul Indonesia, Taiwan, Thailand, Ekuador, dan Vietnam. Ekspor fillet nila dari Indonesia, hingga saat ini baru mampu melayani sekitar 6% dari permintaan pasar Amerika. 

Melihat pasarnya yang masih menganga, agribisnis nila di dalam negeri semestinya bisa didongkrak menjadi salah satu andalan pemasukan devisa negara. Untuk merangsang agar agribisnis nila dalam negeri berkembang, berbagai ikhtiar harus dilakukan. Di antaranya kejelasan kebijakan, perbaikan infrastruktur, pengembangan benih bermutu, dan perbaikan budidaya.

Sumber : Tabloid Agrina Vol. 2 No. 50, 4 April 2007

1 komentar:

  1. buat agan yg minat sama nila merah super (bangkok) kami "DeSawah Fish" kolam di bandung dan subang dengan kapasitas 800-1ton/hari size 200 - 750g/ekor, bisa hubungi saya ! ketebalan daging, kualitas serta daya tahan ikan .. sya jamin, apabila ikan banyak yg mati lebih dr 10% atau kualitas ikan saya buruk, maka saya ganti 2x lipat dgan ikan yg baru, Phone 081222724891 Pin 5217ecf5

    BalasHapus